Senin, 13 Maret 2017

oleh-oleh khas banyuwangi


OLEH-OLEH KHAS BANYUWANGI

Oleh-oleh Khas Kabupaten Banyuwangi
 - Jalan-Jalan ke Banyuwangi memang banyak hal yang menarik untuk dilihat. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang masih alami, menyaksikan event-event budaya, kesenian dan menikmati berbagai sajian kuliner khasnya. Namun bagaimanapun juga kesannya kurang lengkap jika tanpa membawa pulang oleh-oleh untuk kerabat dan teman-teman di tempat asal. Mereka pasti tidak lupa menagihnya!
Ada berbagai produk kuliner dan aneka kerajinan dan souvenir khas Banyuwangi yang bisa dijadikan buah tangan untuk orang-orang tercinta. Berikut ini info produk khas Banyuwangi yang dapat Anda pilih sebagai oleh-oleh saat Anda berkunjung ke Banyuwangi :
KUE BAGIAK

Kue Bagiak khas Banyuwangi
Salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi yang tidak boleh dilewatkan adalah Kue Bagiak. Bagiak adalah kue khas Banyuwangi yang berukuran sepanjang jari telunjuk orang dewasa yang terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, antara lain tepung kanji, pelapah, susu, garam, telur, dan bahan perasa, yang kemudian di olah menjadi satu adonan dan dicetak sesuai bentuk yang dihendaki kemudian dioven. Meskipun cara pembuatanya sederhana ternyata rasa Kue Bagiak ini tidak sederhana proses membuatnya. Bagiak atau bagja atau bahagia sendiri sebenarnya merupakan ungkap rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas melimpahnya hasil panen atau juga berarti sebagai kemenangan besar melawan hawa nafsu serta adanya hajatan keluarga. Pada awalnya kue Bagiak ini hanya tersedia pada saat Hari Raya Idhul Fitri saja. Namun kemudian menjadi camilan yang menjadi ciri khas Banyuwangi dan bisa dinikmati setiap saat.

Kue Bagiak Banyuwangi
Kue Bagiak mempunyai rasa yang bervariasi antara gurih, asin dan manis menjadi satu. Rasanya yang unik ini membuat kue ini disukai banyak kalangan, tidak terbatas orang Banyuwangi saja. Maka tak heran kue yang satu ini selalu menjadi pilihan sebagai oleh-oleh bagi setiap orang yang berkunjung ke Banyuwangi.
Ada beberapa variasi rasa kue bagiak, antara lain pisang, oka, keningar, wijen, durian, coklat, jahet strawbery dan madu. Setiap orang tentu punya selera masing-masing.
SALE PISANG
Sale pisang merupakan jajanan khas Banyuwangi yang patut dijadikan oleh-oleh. Sale pisang berasal dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur hingga kering. Di Banyuwangi banyak terdapat sentra produksi sale pisang yang sudah dikenal masyarakat luas, seperti di Kelurahan Klatak (Kalipuro), Lateng, Singonegaran, Kebalenan, Penganjuran, Mojopanggung, Kecamatan Glagah, Songgon, Sukonatar,Bangorejo, Buluagung, Siliragung, dan sebagainya. Hal ini tidak mengherankan karena dahulu Banyuwangi pernah dikenal sebagai kota pisang karena banyak tanaman pisang di daerah ini.
Selain sale pisang basah, dari hasil kreasi sale pisang yang memiliki rasa dan aroma khas ini, terdapat beberapa macam varian dari camilan sale pisang, seperti keripik sale pisang, sale pisang goreng, dan molen sale pisang.
Ladrang
Ladrang terbuat dari ubi jalar atau orang Banyuwangi menyebutnya sabrang, yang diolah menjadi penganan sejenis kripik. Bentuknya bulat memanjang kecil-kecil, rasanya manis.
Kue Untir-Untir

Kue untir-untir camilan khas Banyuwangi.
Kue untir-untir atau biasa disebut juga kue tambang ini juga merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi yang lezat. Bahan dasarnya adalah tepung dan kacang tanah yang ditumbuk.
RENGGINANG

Camilan yang terbuat dari beras ketan ini memang populer di daerah Jawa, namun rengginang khas Banyuwangi mempunyai rasa dan tampilan sedikit beda. Bentuknya bundar alami dan datar, karena dicetak dengan tangan, bukan dengan dengan cetakan khusus. Saat digoreng akan mekar merata dan rasanya lebih renyah ringan. Proses pengeringan juga tidak dilakukan di bawah sinar matahari lagi tetapi memakai oven. Hasilnya lebih kering merata dan mengembang sempurna saat digoreng. Cita rasanya juga beragam. Ada rasa cumi, terasi, udang atau bawang putih. Rengginang khas Banyuwangi ini tersedia dalam keadaan mentah atau sudah digoreng. Anda bisa memperolehnya di pasar tradisional maupun toko oleh-oleh.
KRUPUK RUMPUT LAUT
Siapapun tentu menyukai krupuk. Pada umumnya krupuk terbuat dari adonan tepung tapioka dan tepung terigu dengan berbagai bahan tambahan seperti ikan, udang, telur, garam dan bumbu-bumbu. Nah krupuk rumput laut mengandung bahan tambahan rumput laut spesies Eucheuma cottonii yang membedakannya dengan krupuk lainnya. Kelebihan krupuk rumput laut memiliki rasa gurih yang khas, renyah dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Krupuk rumput laut ini merupakan produk kreasi masyarakat Kecamatan Wongsorejo yang dikelola oleh ibu-ibu berbagai kelompok Koperasi Wanita (Kopwan) Wongsorejo. Tidak hanya diolah dalam bentuk krupuk, di Wongsorejo rumput laut juga dibuat krim 
hand body lotion. 


Oleh-oleh krupuk rumput laut khas Wongsorejo, Banyuwangi.
Produk khas lain yang bisa Anda dapatkan adalah telur bebek dan telur puyuh khas Wongsorejo, Madu lebah Randu, Tempe Koro Pedang dan Marning Jagung pedas manis.

Pusat oleh-oleh khas Wongsorejo
Oya, Wongsorejo ini merupakan pintu masuk Kabupaten Banyuwangi dari arah utara. Jika Anda ke Banyuwangi lewat Situbondo, maka tempat pertama yang Anda lihat adalah Wongsorejo. Mampir yuk!
PIA GLENMORE

Pia Glenmore, Banyuwangi
Pia alias bakpia adalah penganan yang terbuat dari kacang hijau, gula yang dibungkus dengan tepung lalu dioven hingga matang. Pia memang banyak dijumpai di berbagai daerah, namun pia Glenmore ini menawarkan kelebihan tersendiri yang membuatnya patut dijadikan oleh-oleh. Salah satunya rasanya yang lezat dan harganya relatif murah.
Nama Pia Glenmore mungkin terasa aneh bagi pengunjung luar kota Banyuwangi. Sebenarnya Glenmore adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, tempat penganan yang dirintis oleh Ibu Suciati ini diproduksi, karena itu disebut Pia Glenmore.
Pia Glenmore awalnya hanya memiliki 2 rasa, yaitu kacang ijo dan pisang keju, sekarang sudah bertambah menjadi 11 rasa yang variatif, diantaranya kacang merah, nanas, strawberry. Di Banyuwangi Anda bisa mendapatkan Pia Glenmore di 2 tempat, yaitu di Jl. Raya Jember 51 Glenmore yang merupakan kantor pusatnya dan cabangnya di Jl. Kolonel Sugiono 33 Banyuwangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar